Muntazer al-Zaidi-Putri Presiden Libya Beri Bintang Penghargaan Wartawan Pelempar Bush

17 12 2008

montazar-alzaidiHidayatullah.com–Putri presiden Libya, Aisha Muammar al-Qaddafi yang juga direktur Yayasan Amal Sosial “Wa’tashimu” Libya memberikan bintang penghargaan (wisam as-syaja’ah) kepada Muntadzir az-Zaidi, wartawan Iraq yang melempar muka Presiden Amerika Bush dengan sepatunya.

Dalam keterangan persnya, Yayasan “Wa’tashimu” memandang apa yang telah dilakukan oleh Zaidi adalah “sebuah kemenangan bagi hak asasi manusia, undang-undang, dan perdamaian internasional.”

Selain itu, yayasan tersebut juga meminta pemerintahan Irak untuk memberikan penghargaan serupa, disamping menyerukan organisasi dan asosiasi pers internasional untuk memberikan dukungannya terhadap Zabidi untuk tidak titangkap dan diperkarakan.

Sementara itu, mantan ketua lembaga pembela Saddam Husain Khalil ad-Dalimi mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan pembelaan hukum terhadap Zaidi bersama 200 pengacara Arab dan internasional lainnya.bush-shoe-protest-cp-598343

Sebagaimana diketahui, az-Zaidi adalah seroang wartawan televisi Iraq, “Al-Baghdadiyyah”.[qds/iol/atj/www.hidayatullah.com]



Al Zaidi Dikabarkan Mengalami Luka dan Patah Tangan
Wednesday, 17 December 2008 08:47

Kondisi terakhir wartawan Iraq, Muntazar Al Zaidi misterius. Dia dikabarkan luka bagian kepala dan patah tangan

Hidayatullah.com– Keberadaan pelempar sepatu terhadap Presiden AS George W Bush itu juga dirahasiakan. Namun diyakini bahwa saat ini Al Zaidi dirawat di sebuah RS di Baghdad, karena mengalami luka serius di bagian kepala dan patah tangan.

Informasi kondisi Al Zaidi ini disampaikan saudara kandungnya, Maitham Al Zaidi, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/12/2008). Menurut Maitham, Muntazar Al Zaidi mengalami luka serius di bagian kepala setelah dipukul tentara Irak dengan senapan seusai melempar Bush dengan sepatu.

Maitham mengatakan Al Zaidi saat ini dirawat di RS Ibnu Sina Baghdad dengan penjagaan sangat ketat tentara khusus Irak. “Yang kami ketahui dari seseorang yang menghubungi kita, bahwa Muntazar dilarikan ke RS Ibnu Sina. Dia mengalami luka di bagian kepala karena dihantam dengan gagang senapan dan salah satu lengannya patah,” jelas Maitham.

Saat ditanya wartawan, siapa orang yang membocorkan informasi keberadaan Al Zaidi kepadanya, Maitham merahasiakannya. Karena itu, pengakuan Maitham ini belum bisa dikonfirmasi. Sejumlah pejabat Irak juga tak berkomentar sedikit pun mengenai kasus ini dan mengaku tidak bertanggung jawab.

Pihak militer AS mengatakan Al Zaidi berada di tahanan militer Iraq. Namun, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Irak membantah pernyataan militer AS dan mengaku tidak mengetahui kondisi Al Zaidi.

Seperti diberitakan, Ahad (14/12/2008), Al Zaidi yang terlihat marah, memanggil Bush dengan ‘anjing’ sebelum melempar sepasang sepatunya ke arah Bush. Bush yang saat itu berada di mimbar bersama PM Iraq Nuri Al Maliki menyampaikan jumpa pers, berhasil menunduk dan menghindari lemparan dua sepatu itu.

Dalam sekian detik, Zaidi kemudian dibekuk aparat di ruang jumpa pers itu. Al Zaidi kemudian diseret keluar dari ruangan. Al Zaidi sempat meronta dan berteriak mencoba melawan aparat. Setelah itu, nasib Al Zaidi tak diketahui pasti. Al Zaidi yang berumur 28 tahun dan merupakan jurnalis dari TV Stasiun Al-Baghdadia itu melakukan tindakan nekat karena kebenciannya terhadap Bush dan tentara AS. [dt/www.hidayatullah.com]


Tindakan

Information

11 responses

24 12 2008
firman94

hoho luar biasa!!! Hidup Muntazer AL-Zaidi
hehehe…

tpi kasian jga klo dia difitnah…

24 12 2008
firman94

eee maaf2 mksdnya kasian jga klo dia disiksa

25 12 2008
java_zero

Zaidi masih berbaik hati dengan cuma melempar sepatu. Mustinya dilempar bom si Bush itu..

8 01 2009
leo

apa yang dilakukam zaidi termasuk pembalasan dendam dalam bentuk sekecil-kecilnya apa yang dilakukan bush(hitler II ini) lets boycot israel…! dunia kurang melek pa thdp kekejamaan yg tdk manusiawi,,,?

20 01 2009
Muhammad Hariadi Hidayat

Memang!! bush itu adlah dajjal yang sesungguhnya!

11 09 2009
David

Bush dan USA adalah Neo Kolonialisme Modern dengan dalih Terorisme untuk meraih Minyak … sebenarnya Eropa+USA iri kenapa karunia Allah berupa melimpahnya minyak dimiliki negara2 Muslim. Lihat saja dimanapun negara Muslim memiliki kekayan dan minyak pasti pemerintahannya akan dianggap Teroris.

12 12 2009
Frasiaarofe

Wow enjoyed reading your article. I submitted your feed to my reader!!

29 06 2010
duaunta

bebaskan muntazer zaidi

9 07 2011
faizol

sekrang perang libya mungkin berlaku dan penunjuk perassan membalin kasut ke arah gaddafi di satu video memang orang arab ini suka membaling kasut itu satu penghinaan

24 05 2013
Irfan

Islam = Sirik Tanda Tak Mampu

10 02 2015
kufi

Alzaidi Pahlawan ham

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s




%d bloggers like this: